Kamis, 21 Juni 2012

TEHNIK MENAIKAN KEINGINAN SECARA SMART


TEHNIK MENAIKAN KEINGINAN SECARA
SMART

1. Spesific artinya apa yang akan anda lakukan, apa yang ingin anda raih atau apa yang ingin anda miliki itu harus jelas dan punya landasan, bukan sebatas khayalan atau fantasi.

2. Measurable artinya keinginan anda itu harus memiliki ukuran atau representasi fisik yang  bisa dijadikan ukuran, bukan abstrak. Jika anda hanyaingin bergaji besar atau menjadi orang kaya, ini belum figure, benda, posisi, status, dan seterusnya.

3. Attainable artinya keinginan itu secara rasional memang bisa kita wujudkan. Inilah beda antara tujuan dan khayalan. Dasarnya apa keinginan itu bisa diraih? Dasarnya adalah kompetisi dan prestasi sebelumnya. Dasarnya adalah pengetahuan dan pengalaman sebelumnya. Dasarnya adalah ukuran-ukuran yang rasional. Kalau apa-apa, ini mungkin namanya khayalan.

4. Relevan artinya cocok dengan keadaan diri anda hari ini. Kalau seorang sales punya tujuan untuk meninggalan penjualan, tentunya ini relevan. Lain soal kalo sales itu ingin menambah jumlah kantor cabang. Kalu anda sekarang staff biasa, tentunya relevan kalau anda ingin jadi supervisor 2 tahun ke depan. Tetapi mungkin tidak relevan untuk menjadi direktur utama atau manajer senior dalam waktu dua tahun ke depan. Selain tidak rasional, pun juga tidak relevan.

5. Times artinya ada penjadwalan, ada penahapan da nada periodesasi untuk mencapainya. Penjadwalan ini bisa anda lakukan dalam waktu jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar