Rabu, 20 Februari 2013

10 yang Menakjubkan dari Bendungan di Dunia!



01 Mratinje Dam
Mratinje Dam adalah bendungan  lengkungan beton di ngarai dari Sungai Piva di Montenegro. Bendungan  220 meter (720 kaki) tinggi, salah satu yang tertinggi di Eropa. Bendungan ini 268 meter (879 kaki) dan 4,5 meter (15 kaki) tebal di puncak, sementara itu adalah 30 meter (98 kaki) panjang dan 36 meter (118 kaki) tebal di dasar. Fondasi pergi sedalam 38 meter (125 kaki) ke dalam tanah. 820.000 meter kubik (1.070.000 cu yd) dari beton dan 5.000 ton baja yang dibangun ke dalam bendungan.
[Foto oleh Oleh Pengguna: Aktron (Karya sendiri (sendiri kamera - vlastní fotoaparát)) [GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html), CC-BY-SA-3.0 (http:// creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0 /)

02. Contra Dam
Bendungan 220-m menjadi bungee jumping tempat populer setelah James Bond stuntman melompat dari itu dalam adegan pembukaan tahun 1995 film yang GoldenEye. The Dam Contra, umumnya dikenal sebagai Bendungan Verzasca dan Dam Locarno, merupakan bendungan lengkungan di Sungai Verzasca di Verzasca Val Ticino, Swiss. Bendungan ini dimiliki dan dioperasikan oleh Verzasca SA dan merupakan tertinggi keempat di Swiss.

[Foto oleh Oleh Audrix (Karya sendiri) [GFDL (www.gnu.org / copyleft / fdl.html) atau CC-BY-SA-3,0-2,5-2,0-1,0 (www.creativecommons.org / lisensi / by-sa / 3,0)], melalui Wikimedia Commons]

03. Hoover Dam
Hoover Dam (221.46 m), yang dulu dikenal sebagai Dam Boulder, adalah bendungan lengkungan-gravitasi beton di Black Canyon dari Sungai Colorado, di perbatasan antara negara bagian AS dari Arizona dan Nevada.
[Dengan Marionzetta [GFDL (www.gnu.org / copyleft / fdl.html) atau CC-BY-SA-3,0-2,5-2,0-1,0 (www.creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)], melalui Wikimedia Commons]

 
04. Luzzone Dam
Lago di Luzzone adalah sebuah danau di Ticino, Switzerland.The lengkungan bendungan Luzzone (225 m) selesai pada tahun 1963. Pada tahun 1997-1998, tingginya meningkat sebesar 17 m. Salah satu dinding bendungan saat ini memiliki panjat tebing tertinggi di dunia buatan. Sebuah pabrik Jerman mendaki memegang memasang garis lebih dari 650 palka buatan dan baut. Kursus ini mencakup jarak vertikal 165 meter, mulai dari dasar bendungan untuk pendakian top.The harus dilakukan sebagai pendakian olahraga, di lapangan beberapa. Selain itu, penangguhan terendah ditempatkan beberapa meter di atas tanah untuk mencegah pengunjung biasa dari memanjat pada mereka.
[Foto oleh Plattens (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0) atau GFDL

05. Bhakra Dam
Dam Bhakra adalah bendungan gravitasi beton di Sungai Sutlej, dan dekat perbatasan antara Punjab dan Himachal Pradesh di India utara. Bendungan, terletak di sebuah ngarai dekat desa Bhakra (sekarang tenggelam) hulu di distrik Bilaspur Himachal Pradesh, adalah tertinggi kedua di Asia pada 225,55 m (740 ft) tinggi berikutnya ke Dam Tehri 261m.
Photo by KawalSingh di en.wikipedia (Ditransfer dari en.wikipedia) [Public domain], dari Wikimedia Commons]

06. Karun-4 Dam
The Karun-4 Dam adalah bendungan lengkungan di Sungai Karun di provinsi Chaharmahal dan Bakhtiari, Iran. Bendungan adalah kelengkungan ganda beton lengkung-jenis dan 230 meter (750 kaki) tinggi dari yayasan] Desain bendungan lengkung merupakan salah satu yang ideal untuk sebuah bendungan dibangun di ngarai, sempit berbatu untuk menahan air di reservoir.
[Foto oleh M samadi (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0 (www.creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0) atau GFDL (www.gnu.org / copyleft / fdl.html)], melalui Wikimedia Commons]

07. El Cajon Dam
Dam El Cajon (234 m) adalah pembangkit listrik tenaga air yang terletak di Barat Honduras. Secara keseluruhan, bendungan adalah bendungan tertinggi kelima di Amerika, tertinggi ke-16 di dunia. El Cajon juga bendungan lengkung tertinggi di belahan bumi barat, dan bendungan tertinggi lengkungan keenam di seluruh dunia.
[Foto oleh Dwwhyd (Karya sendiri) [Public domain], melalui Wikimedia Commons]

08. Oroville Dam
Dam Oroville adalah tanggul rockfill bendungan di Sungai Feather timur dari kota Oroville, California di Amerika Serikat. Pada 770 kaki (230 m) tinggi, adalah bendungan tertinggi di AS dan melayani terutama untuk pasokan air, listrik tenaga air dan pembangkit pengendalian banjir.
[Foto oleh California Departemen Sumber Daya Air [Public domain], melalui Wikimedia Commons]

09. Sayano-Shushenskaya Dam
The Dam Sayano-Shushenskaya terletak di Sungai Yenisei, dekat Sayanogorsk di Khakassia, Rusia. Ini adalah pembangkit listrik terbesar di Rusia dan pabrik hidroelektrik terbesar keenam di dunia, dengan pembangkit listrik rata-rata. Tinggi itu adalah sekitar 242 m.
[Foto oleh: АлександрВв (Karya sendiri) [Public domain], melalui Wikimedia Commons]

10. Mica Dam
Bendungan Mica (243 m tinggi) adalah bendungan hidroelektrik mencakup Columbia River kilometer utara dari 135 Revelstoke, British Columbia, Kanada.
Foto oleh DAR56 di en.wikipedia [Public domain], dari Wikimedia Commons

Tidak ada komentar:

Posting Komentar