Kamis, 21 Juni 2012

Tips latihan untuk anak telat bicara

 Anda seorang ibu rumah tangga? atau lagi latihan merawat bayi yaitu ngurusin keponakan atau yang lainnya, dimana anak itu masih usia dini lebih tepatnya balita. Ada tip cantik untuk si kecil agar latihan bicara, yuk ikuti.
Beberapa kegiatan dan rangsangan bisa diberikan untuk melatih anak untuk berbicara lancar.

Psikolog Anak dari Universitas Indonesia (UI) Anna Surti Ariani, Psi mengatakan stimulus fisik dan kognitif bisa diberikan oleh si Ibu kepada anak yang tergolong telat bicara.

Stimulus fisik, katanya, berguna untuk melatih otot bicara si anak seperti :
  1. meniup lilin dan meniup balon 
  2. makan dan mengunyah makanan yang lebih padat seperti nasi. Hal ini dilakukan untuk melatih anak mengecap
  3. menyedot alat sedotan, mulai dari sedotan lurus sampai dengan sedotan berliku (sedotan pesta).
"Jika anak hanya minum susu maka otot bicara anak tidak terlatih," kata dia saat diskusi kesehatan suatu produk susu beberapa waktu lalu.

Sementara, untuk stimulus kognitif, si Ibu harus aktif menantang bicara si anak dengan memberikan banyak kosa kata.

"Biarkan suku kata terakhir diselesaikan si anak, misalnya, bone-ka. Si anak menyebutkan suku kata terakhir," kata dia

Cara kedua adalah dengan merangsang si anak untuk mengutarakan keinginannya.

Misalnya, kata dia, jika ia menunjuk botol susu di meja tanpa bicara, jangan berikan sebelum si anak menyebutkan apa keinginannya.

"Jangan diberikan botol susunya jika si anak belum mengucapkan kata. Latih jangan hanya menunjuk saja. Ini juga melatih anak untuk belajar menunggu dan sabar mendapatkan keinginannya," kata dia. Antara

1 komentar:

  1. Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak (PTTKA) Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini anak berkebutuhan khusus dengan psikolog, terapi wicara, sensori integrasi, fisioterapi, behavior terapi, Renang& musik untuk anak berkebutuhan khusus, terapi terpadu untuk autism, ADD, ADHD, home visit terapi & program pendampingan ke sekolah umum. informasi lebih lanjut hubungi 0274 8267882

    BalasHapus